Tips Cara Menyetel Klep/Valve - Tune up terbagi dalam sebagian penyetelan dan service yang satu diantaranya adalah penyetelan klep/valve. dari system kerja memanglah valve/klep adalah mekanisme yang mempunyai sistem gesekan besar sepanjang mesin berputar, dan tumbukan yang juga mengakibatkan pergantian pada bahan lebih2 jika part bukan hanya mutu bagus satu minggu saja telah jadi perubahannya.
Bagaimanakah Langkah menyetel valve/klep yang ideal? sesungguhnya penyetelan kelep tidah sulit amir, hanya kita di tuntut untuk telaten dan cermat dalam sistem penyetelan klep.
Salah setel pastinya dapat memiliki resiko fatal serta mengakibatkan overhaul pada mesin.
Langkah penyetelan Valve dapat di kerjakan dengan 2 langkah, yaitu dengan cara rombongan/multy dan penyetelan valve dengan cara sendiri2/setiap silinder.
Langkah menyetel Valve dengan cara Rombongan (pada mesin sebaris 4 silinder) yaitu dapat dimulai dengan :
1. Memposisikan TOP Silinder 1.
Putar mesin lewat pulley hingga meraih TDC/Top Dead Center pada silinder 1
# Langkah Tahu Top mesin (TDC=Top Dead Center)
2. Valve/klep yang bisa di stel :
Silinder 1 klep Hisap & Buang.
Silinder 2 Klep Hisap.
Silinder 3 klep Buang.
Silinder 4 Tak bisa di setel seluruhnya lantaran dlm keadaan Overlaping.
3. Memposisikan Top Silinder 4.
Putar mesin lewat pulley hingga meraih TDC/Top Dead Center pada silinder 4.
# Langkah Tahu Top mesin (TDC=Top Dead Center)
4. Valve/klep yang bisa di stel :
Silinder 4 klep Hisap & Buang.
Silinder 3Klep Hisap.
Silinder 2 klep Buang.
Silinder 1 Tak bisa di setel seluruhnya lantaran dlm keadaan Overlaping.
# Untuk Celah klep/valve cocokkan denganspeesifikasi standard pabrik, lantaran setiap mobil mempunyai celah klep yang beragam. Semoga bermanfaat dan baca juga artikel berikutnya tentang Penyebab Diesel Ngebul Tebal .