Pilihan Jenis Oli Mobil, Menurut Kwalitas Oli Mesin atau API - Mutu oli disimbolkan oleh API (American Petroleum Institute). Lambang paling akhir SL mulai dikenalkan 1 Juli 2001. Walaupun demikian, lambang semakin baru terus dapat digunakan untuk kelompok pada mulanya.
Seperti API SJ baik untuk SH, SG, SF dan sebagainya. Sebaliknya bila mesin kendaraan menuntut SJ maka tak dapat memakai jenis SH lantaran mesin tak lagi memperoleh proteksi optimal karena oli SH didesain untuk mesin yang lebih lama.
Ada dua jenis API, S (Service) atau dapat pula (S) disimpulkan Spark-plug ignition (gunakan busi) untuk mobil MPV atau pikap bermesin bensin. C (Commercial) diterapkan pada truk heavy duty serta mesin diesel. Misalnya kelompok C yaitu CF, CF-2, CG-4. Apabila memakai mesin diesel yakinkan menggunakan kelompok yang pas lantaran oli mesin diesel tidak sama dengan oli mesin bensin lantaran ciri-ciri diesel yang banyak membuahkan kerancuan jelaga bekas pembakaran lebih tinggi. Oli type ini membutuhkan penambahan aditif dispersant serta detergent untuk melindungi oli terus bersih
Untuk penambahan, apabila oli yang dipakai telah jenis sintetik maka tak perlu lagi diberikan bahan aditif lain lantaran malah bakal kurangi kemampuan mesin juga merusaknya.
API Service Rating
Untuk rating API service, bisa juga dirunut dari mesin-mesin keluaran lama. Tetapi, pada waktu ini dapat pula dirunut dari kelompok SF mengingat banyak kelompok yang bakal keluar.
API mesin bensin
SN (Current)
Dikenalkan pada 2004. Ditujukan untuk seluruhnya type mesin bensin yang ada pada waktu ini. Oli ini didesain untuk berikan resistensi oksidasi yang tambah baik, melindungi temperatur, perlindungan tambah baik pada keausan, serta mengontrol deposit tambah baik.
SL (Current)
Adalah kelompok paling akhir hingga saat ini. Dikenalkan pada 1 Juni 2001. Oli ini didesain untuk melindungi temperatur serta mengontrol deposit tambah baik. Dapat juga konsumsi oli lebih rendah. Sebagian oli ini dapat pas dengan spesifikasi paling akhir ILSAC untuk Energy Conserving. Untuk mesin generasi 2004 atau sebelumnya
SJ (Current) : Dikenalkan untuk mesin generasi 2001 atau lebih tua
SH (Obsolete) : Untuk mesin generasi 1996 atau sebelumnya
SG (Obselete) : Untuk mesin generasi 1993 atau sebelumnya
SF (Obsolete) : Untuk mesin generasi 1988 atau sebelumnya
API MESIN DIESEL
CJ-4
Dikenalkan pada th. 2006. Untuk mesin high speed, mesin 4-langkah yang didesain untuk penuhi standard emisi th. 2007. Oli dengan kelompok API CJ-4 mempunyai persyaratan performa tambah baik dari pada yang dipunyai oleh oli-oli dengan kelompok API CI-4 dengan CI-4 PLUS, CI-4, CH-4, CG-4 serta CF-4. Oli dengan kelompok API CJ-4 juga dapat dengan cara efisien melumasi mesin-mesin dengan kelompok di bawahnya.
CI-4
Dikenalkan dari 5 September 2002. Untuk mesin high speed, four stroke engines yang didesain untuk penuhi standard emisi th. 2004. Oli CI-4 diformulasikan melindungi durabilitas mesin di mana gas buangnya disirkulasi lagi. Dipakai untuk mesin yang meminta kandungan belerang/sulfur 0. 5%. Dapat digunakan pada oli CD, CE, CF-4, CG-4 serta CH-4.
CH-4
Dikenalkan dari 1998. Untuk mesin high speed, four stroke engines yang didesain untuk penuhi standard emisi th. 1998.. Dipakai untuk mesin yang meminta kandungan belerang/sulfur semakin besar 0. 5%. Dapat digunakan pada oli CD, CE, CF-4, serta CG-4.
CG-4
Dikenalkan dari 1995. Untuk mesin kemampuan tengah, high speed, four stroke engines. Dipakai untuk mesin yang meminta kandungan belerang/sulfur kurang 0. 5%. Pas untuk standard emisi 1994 Dapat digunakan pada oli CD, CE, serta CF-4.
CF-4
Dikenalkan dari 1990. Untuk mesin high speed, four stroke engines, naturally aspirated serta mesin turbocharger. Dapat digunakan pada oli CD, serta CE.
CF-2
Dikenalkan dari 1994. Untuk mesin kemampuan tengah, two stroke engines. Dapat digunakan pada oli CD-II.
CF
Dikenalkan dari 1994. Untuk mesin off road, indirect injected serta sebagian mesin yang menggunakan bahan bakar dengan kandungan belerang/sulfur diatas 0. 5%. Dapat ganti pada oli CD.
Demikian seputar pengetahuan dan penambah wawasan kita tentang Pilihan Jenis Oli Mobil, Menurut Kwalitas Oli Mesin atau API, jangan lupa baca juga artikel selanjutnya tentang Diesel Purge, Cara Praktis Kalibrasi Nozzle atau Injector Mesin Diesel. Terimakasih.