Prinsip, dan Cara Kerja Mesin 2 Tak

Prinsip, dan Cara Kerja Mesin 2 Tak - Motor bakar dua langkah yaitu mesin pembakaran dalam satu siklus pembakaran bakal alami dua langkah piston, tidak sama dengan putaran empat-tak yang alami empat langkah piston dalam satu kali siklus pembakaran, walau ke empat sistem intake, kompresi, tenaga serta pembuangan juga berlangsung.





Mesin dua tak juga sudah dipakai dalam mesin diesel, terlebih dalam rancangan piston berlawanan, kendaraan kecepatan rendah seperti mesin kapal besar serta mesin V8 untuk truk serta kendaraan berat.

Istilah-istilah baku yang berlaku dalam teknik otomotif yang harus diketahui untuk bisa memahami prinsip kerja mesin ini:

  •     TMA (titik mati atas) atau TDC (top dead centre): Posisi piston berada pada titik paling atas dalam silinder mesin atau piston berada pada titik paling jauh dari poros engkol (crankshaft).
  •     TMB (titik mati bawah) atau BDC (bottom dead centre): Posisi piston berada pada titik paling bawah dalam silinder mesin atau piston berada pada titik paling dekat dengan poros engkol (crankshaft).
  •     Ruang bilas yaitu ruangan di bawah piston dimana terdapat poros engkol (crankshaft). Sering disebut sebagai bak engkol (crankcase) berfungsi gas hasil campuran udara, bahan bakar dan pelumas bisa tercampur lebih merata.
  •     Pembilasan (scavenging) yaitu proses pengeluaran gas hasil pembakaran dan proses pemasukan gas untuk pembakaran dalam ruang bakar.

Langkah ke 1


Piston bergerak dari TMA ke TMB.

  •     Saat bergerak dari TMA ke TMB, piston akan menekan ruang bilas yang berada di bawahnya. Semakin jauh piston meninggalkan TMA menuju TMB akan semakin meningkat pula tekanan di ruang bilas.
  •     Pada titik tertentu, piston (ring piston) akan melewati lubang pembuangan gas dan lubang pemasukan gas. Posisi masing-masing lubang tergantung dari desain perancang. Umumnya ring piston akan melewati lubang pembuangan terlebih dahulu.
  •     Pada saat ring piston melewati lubang pembuangan, gas di dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan.
  •     Pada saat ring piston melewati lubang pemasukan, gas yang tertekan di dalam ruang bilas akan terpompa masuk ke dalam ruang bakar, sekaligus mendorong keluar gas yang ada di dalam ruang bakar menuju lubang pembuangan.
  •     Piston terus menekan ruang bilas sampai titik TMB, sekaligus memompa gas dalam ruang bilas menuju ke dalam ruang bakar.


Langkah ke 2

Piston bergerak dari TMB ke TMA.

  •     Saat bergerak dari TMB ke TMA, piston akan menghisap gas hasil percampuran udara, bahan bakar dan pelumas ke dalam ruang bilas. Percampuran ini dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi (lihat pula: Sistem bahan bakar).
  •     Saat melewati lubang pemasukan dan lubang pembuangan, piston akan mengkompresi gas yang terjebak di dalam ruang bakar.
  •     Piston akan terus mengkompresi gas dalam ruang bakar sampai TMA.
  •     Beberapa saat sebelum piston sampai di TMA, busi akan menyala untuk membakar gas dalam ruang bakar. Waktu nyala busi tidak terjadi saat piston sampai ke TMA, melainkan terjadi sebelumnya. Ini dimaksudkan agar puncak tekanan akibat pembakaran dalam ruang bakar bisa terjadi saat piston mulai bergerak dari TMA ke TMB, karena proses pembakaran membutuhkan waktu untuk bisa membuat gas terbakar dengan sempurna oleh nyala api busi.


Kelebihan Mesin Dua Tak


Dibandingkan mesin empat tak, mesin dua tak memiliki beberapa kelebihan:

    Hasil tenaganya lebih besar dibandingkan mesin empat tak.
    Mesin dua tak lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin empat tak.
        Kombinasi kedua kelebihan di atas menjadikan rasio berat terhadap tenaga (power to weight ratio) mesin dua tak lebih baik dibandingkan mesin empat tak.
    Mesin dua tak lebih murah biaya produksinya karena konstruksinya yang sederhana.

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, mesin ini sudah jarang digunakan dalam kendaraan-kendaraan terutama kendaraan mobil dikarenakan oleh beberapa kekurangan. Demikian artikel kali ini tentang Prinsip, dan Cara Kerja Mesin 2 Tak, jangan lupa baca artikel selanjutnya tentang Cara Kerja Mesin 4 Langkah.

Tinggalkan Komentar: