Sistem Fuel atau Bahan Bakar Pada Mesin EFI/MPI/PGM-FI

Sistem Fuel atau Bahan Bakar Pada Mesin EFI/MPI/PGM-FI - Fuel system yaitu system bahan bakar, di mana berperan untuk pemasok bahan bakar ke mesin sesuai sama keperluan mesin, pada waktu idle, medium speed ataupun high speed, beban berat, beban mudah dsb.



Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk membuat effisiensi pemakaian bahan bakar serta maksimal dalam pembakaran, hingga BBM tak terbakar percuma, di bawah ini yaitu komponen Fuel system yg berpedoman system injeksi.

1. Fuel Tank = Tanki BBM yaitu untuk menyimpan BBM.



2. Fuel Pump = Pompa Minyak, kerap dimaksud juga rotax, ada yg ada di dalam Tanki BBm ada yg di luar Tanki BBm, fungsinya memompakan BBM ke Injektor dengan desakan spesifik yg sesuai sama keperluan.



3. Fuel Filter = Filter/saringan Bahan Bakar, biasanya ada dua Filter, yg pertama di dalam tank yg ke dua di luar Tank, namun ada yg keduanya di dalam tank, fungsinya yaitu menyaring kotoran pada BBM hingga BBM yg mengalir ke injektor betul-betul bersih, pergantian filter yaitu tiap-tiap 100ribu Km, bila hingga di atas 100ribu Km belum ditukar, maka filter bakal cepat mampet serta bisa mengakibatkan kerusakan Fuel Pump serta tenaga jadi turun.

4. Fuel Pipe/Fuel Line =Pipa serta selang saluran BBM untuk kirim BBM dari Fuel Pump hingga ke injektor.



5. Injektor = mengabutkan BBm ke Intake manifold sesuai sama keperluan mesin, Injector diaktifkan oleh ECU/ECM.



6. Fuel Pressure regulator =Menjaga Desakan Bahan Bakar di fuel Line supaya sesuai sama dengan keperluan mesin, jadi tak terlampau tinggi juga tak terlampau rendah, biasanya desakan dijaga pada 2, 5-3, 5Kgf sesuai sama ciri-ciri mesin, lain merk pasti lain standarnya.



Demikian tadi artikel Otomotipss tadi tentang Sistem Fuel atau Bahan Bakar Pada Mesin EFI/MPI/PGM-FI, jangan lupa share dan like artikel ini semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel selanjutnya Tipe Jenis Ruang Bakar Pada Mesin Diesel.


Tinggalkan Komentar: