Tips, dan Langkah Tingkatkan Performa Mobil Irit Bertenaga

Masih bicara seputar otomotif, untuk postingan kali ini saya akan bahas tentang step bagaimana cara untuk meningkatkan performa mobil atau motor kalian biar bisa ngacir dan bertenaga tp tetep bisa irit.

 Untuk kalian yang pengin upgrade performa mobil atau motor enak kenceng tapi tetep enak buat harian, yang perlu kalian lakukan ada beberapa step yang mesti di ganti biar mobil atau kamu makin ngacir seperti berikut ini.
 1. Filter Udara
 
Step pertama kali kita ganti filter udara standart dengan aftermarket yang sekarang banyak di jual di pasaran, seperti yang lg banyak banget di pake ada produk k&n, ferox, BMC, HKS, dan lain sebagainya karna sangar terbukti untuk mendongkrak tenaga mesin di rpm bawah. Teorinya sederhana saja, jika aliran udara yang masuk pada ruang bakar cukup, pembakaran menjadi lebih baik, maka tenaga yang dihasilkan dari mesin menjadi lebih baik. Kita tidak perlu menekan/ menginjak pedal gas lebih dalam karena respon yang didapat sudah cukup sehingga secara teoritis konsumsi BBM akan turun walaupun tidak secara signifikan. Filter Udara seperti ini bisa di pake sumur hidup karna filter ini bisa di Bersihkan.
 2. Busi Iridium
 
Untuk busi kita bisa pake busi iridium, busi ini sangat berbeda dengan busi standart dengan harga yg lebih mahal busi ini juga memiliki umur yang panjang yaitu sampai 100.000 km. Berikut ini beberapa keunggulan atau kelebihanya :

== ‌Busi iridium dikatakan bagus karena busi model ini lebih tahan panas, selain itu memiliki bahan elektroda lebih kecil dibanding busi regulator Membutuhkan tegangan yang lebih rendah untuk memicu pembakaran sehingga jarang terjadi kegagalan saat starter Pembakaran yang dihasilkan lebih presisi, konsisten serta efisien (more efficient combustion)

‌==Meningkatkan respon gas saat di geber maupun slow Meningkatkan keiritan (tergantung gaya berkendara), keiritan disini saat anda menggunakan mobil tersebut, jika anda mengguakan mobil dengan mengeber gas mobil tentunya akan boros tapi beda halnya jika anda mengendarai mobil dengan stabil normal untuk tarikan tuas gasnya. Misalnya laju jalannya standard di angkat 40 terus, atau 60 terus.Lebih awet (tergantung desain). ‌Dari beberapa penelitian busi Iridium lebih awet hingga 10 kali lipat dibanding busi standart.Dipercaya meningkatkan tenaga mesin sekitar 1-3% , untuk tenaga memang iya , tapi hasilnya tidak signitifikan hanya 3% pengaruhnya tidak terlalu tinggiMeningkatkan kualitas emisi gas buang (lebih ramah lingkungan).

3. Header
 
 Untuk penggantian header modifikasi sederhana, ada dua pilihan, yaitu konfigurasi  4-1 untuk mendapatkan torsi besar, sedangkan 4-2-1 untuk mendapatkan kecepatan maksimum. Pemakaian bisa di aplikasikan dengan merek seperti Kanzai, ORD, atau pun merek lainya yang bisa langsung plug n play. Untuk mobil yang sudah menggunakan pipa berdiameter 1,5 inci atau 48 mm  lebih, tidak perlu mengganti dengan ukuran yang lebih besar. Kalau diameternya lebih kecil, harus diganti dengan ukuran yang telah disebut tadi dan sebaiknya dibuat pelat yang digalvanis. 
 4. Porting & Polish
  Porting adalah Pembentukan ulang pada lubang IN dan OUT agar Volume udara dan bahan bakar yang masuk ke Ruang bakar bertambah banyak dan dapat berjalan lancar untuk menghasilkan tenaga motor yang maksimal. Porting sendiri terdapat 2 bagian pada mobil :
== ‌IN Porting Yaitu langkah untuk membentuk ulang lubang IN agar bahan bakar yang masuk ke Ruang Bakar dapat bertambah banyak dan bebas hambatan. Otomatis apabila proses pembakaran di dalam ruang bakar Banyak memiliki gas bakar maka tenaga yang akan di hasilkan motor juga akan besar. ‌ 

== OUT Porting Yaitu langkah untuk membentuk ulang lubang pengeluaran/OUT pada motor agar hasil sisa Gas bakar yang di hasilkan di ruang bakar dapat keluar dengan lancar dan tidak menimbulkan turbulensi di ruang pembakaran yang mengakibatkan tenaga motor menjadi berkurang. biasanya Porting exhaust berbentuk D-shaped agar gerak tidak mudah mengendap di lubang exhaust. Untuk perkerjaanya kalian bisa dateng ke bengkel yang pro, Karena perkerjaanya ini harus di lakukan dengan perhitungan yang tepat agar mesin kamu bisa dapet tenaga yang maksimal.

Video Porting Polish



 5. Reflash ECU

Kalo kalian masih pengin tenaga lebih lagi sedangkan hardwere mesin udah hampir semua di ganti terakhir tinggal softwarenya yang di mainan. Istilah Reflash ECU pasti sekarang banyak di dengar di kalangan otomotipss ini sangat terbukti bisa naikin performa mesin, tetapi Reflash ECU hanya bisa di lakukan pada mobil injeksi. Remap atau reflash adalah cara untuk mengeluarkan seluruh POTENSI tenaga atau Horse Power yang dimiliki mobil anda, dengan cara memaksimalkan sistem pembakaran, timing, dan jumlah BBM yang dimasukkan ke ruang bakar untuk gamblangnya ecu yang ada di mobil kalian di setting lagi biar bisa maksimal hal ini hanya bisa di kerjakan bengkel pro dan harus menggunakan alat dynometer untuk melakukan settingan.

 Gimana bro sudah cukup jelas, demikian tadi adalah beberapa step untuk naikin performa mesin mobil atau motor kalian. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya seputar otomotif di sini. Terimakasih.

Tinggalkan Komentar: