Trouble Shooting Indikator Panel SRS pada Mobil Menyala



Trouble Shooting Indikator Panel SRS pada Mobil Menyala - Selamat datang sahabat pecinta Dunia Otomotif, seiring be trjalanaya waktu melihat perkembangan jaman atau era yang semakin modern dan terus akan berkembang,  maka di blog ini akan sediakan seluruh atau semua artikel yang berhubungan dengan otomotif.


Kali ini, saya akan sedikit ulas tentang Trouble Shooting Indikator Panel SRS Menyala. Sebelumnya akan saya terangkan sedikit terlebih dahulu, SRS adalah suatu alat yang dapat mengurangi resiko cedera pada bagian kepala dan bahu pengemudi atau penumpang melalui pengembangan kantong udara yang dipasang di kemudi atau instrument panel ketika kerjadi tabrakan pada kendaraan, dan alat ini adalah sebagai tambahan dari seat belt yang sudah ada sebelumnya.SRS Air bag System adalah suatu perlengkapan tambahan fungsi pengekang dan pelindung pada sealt. Karena alasan bahwa nama sistemnya sudah ada maka sebagai akronimnya adalah Supplemental Restraint System (SRS Air bag).

Fungsi Air Bag

1. Meredam energi kinetik penumpang.
2. Melindungi penumpang dari benturan dengan interuior trim.
3. Melindungi penumpang dari pecahan kaca.
4. Mengurangi tertekuknya leherEfek Air Bag Efek sistem keselamatan

-  Mengurangi resiko kecelakaan fatal (Data yang dikeluarkan oleh NHTSA, 1999)
-  Bila hanya menggunakan Seat Belt: tingkat berkurangnya adalah 45%
-  Bila hanya memakai Air Bag : tingkat berkurangnya 14%
-  Bila menggunakan Seat Belt + Air Bag : tingkat berkurangnya adalah 50%.

Kendala sebab terjadi nyalanya lampu panel SRS menyala biasanya dan sering terjadi di karenakan putusnya kabel yang ada di dalam setir, berikut cara penanganan trouble shooting apa bila indikator panel SRS menyala :

1. Siapkan alat seperti obeng plus, obeng min, kunci L, solder, tinol, dan pastikan setir padakeadaan senter atau lurus, dan copot minus ACU.
2. Lepas soket-soket yang menyambung ke bagian setir
3. Buka seluruh bagian setir, dan copot setir keluar.



4. Soket SRS selalu menggunakan warna kuning.



5. Buka rumah kabel SRS pada center stir, bila putus akan seperti ini.



6. Sambung kabel yang putus dengan menggunakan solder dan tinol.



7. Kalo sudah di sambung, pasang kembali rumah kabel tapu ingat jangan sembarangan dalam memasang kembali setir. seting rumah kabel SRS dengan memutar 2 Setengah putaran, karana byasanya pada kebanyakan mobil yang membelok penuh di butuhkan 2,5 putaran ke kanan, begitu juga bila ke kiri.

Sebenarnya cukup mudah dan gampang, gak perlu panik, dan langsung ke bengkel. Tapi memang lebih baik juga di sarankan kepada seseorang yang awam dalam hal ini. Demikian solusi dan artikel tentang Trouble Shoting Indikator Panel SRS Menyala. Simak juga artikel yang lainya di sini, apa bila ada salah dan ketidak pahaman dalam menulis tolong di maklumi. Koment dan saran penting, untuk memberikan saran kepada saya supaya lebih baik lagi. Terimakasih.

Tinggalkan Komentar: