Masalah Starter Mobil, Gejala, dan Tanda-Tanda Ketika Kita Start

Masalah Starter Mobil, Gejala, dan Tanda-Tanda Ketika Kita Start - Selamat datang kembali Otomotipss mania, kembali lagi dengan saya admin yang selalu membagikan informasi dan tips seputar otomotif. Kali ini saya akan bahas tentang Masalah Starter Mobil, Gejala, dan Tanda-Tanda Ketika Kita Start. Janganlah anda panik terlebih dahulu, karena mobil anda tiba-tiba tidak dapat starter.




Sebagai langkah awal untuk mendiaknosa Yang perlu anda kerjakan yaitu pelajari gejala2 yang timbul waktu starter tidak ingin bekerja, dari gejala2 itu bisa di tebak kemungkinan sumber rusaknya.

Gejala2 tanda-tanda yang kerap nampak pada waktu kita start diantaranya :

1. Lampu indikator battery serta Oli pada dashboard tak menyala sekalipun. 75% fusiblelink (kabel lemas kecil dengan soket putih dekat dengan terminal aki +) kotor atau putus. kemungkinan lain yaitu kepala aki kotor serta atau aki anda terkuras keseluruhan setrumnya (tidak sering sekali).
indikator.

2. Lampu indikator battery serta oli pada dashboard (warna merah) nyala tetapi meredup saat di starter, 90% aki anda rusak atau kurang setrum.

3. Tedengar nada " gemeretek " berulang lagi 75% aki anda rusak atau kurang setrum. 20% kepala aki kotor atau kabel ground anda telah korosi.

4. Terdengar nada mesin berputar namun lemah seperti " ngeek.. ngek... ngek.... ". 75% bushing starter aus hingga anker starter telah tak bisa berputar pada sumbunya maka rotasinya jadi benar-benar berat. 10% ada kemungkinan mesin anda terlampau berat untuk diputar, umpamanya berlangsung rusaknya pada crank saft, system timing dan lain-lain.

5. Terdengar nada " teliti.. " satu barangkali setiap saat memutar kunci kontak... 50% switch starter atau yang dimaksud solenoid switch  tidak berperan dengan baik. 40% kunci kontak anda kotor atau sudah aus. untuk mobil yang memakai relay starter 40% itu ada pada rusaknya relay.

6. Starter kadang-kadang diawali dengan nada berat lalu mudah serta mesin hidup. Umumnya hal semacam ini berlangsung lantaran kekeliruan penyetelan Fur serta Na.. delco.

7. Pagi hari tak bisa starter, pada siang hari starter lancar. 80% aki telah soak tak bisa menaruh setrum untuk saat yang lama.

8. Waktu pagi gampang starter, bila telah digunakan agak lama (panas) sulit starter. 80% switch starter/solenoid switch anda rusak.

9. Waktu distarter tak ada reaksi sekalipun, tak ada bunyi. 50% gulungan starter anda Hangus atau terbakar/korslet. 45% Relay starter atau kunci kontak anda punya masalah. Kadang-kadang cuma socket ke switch starter yang terlepas.

10. Waktu distarter terdengar nada dinamo starter mutar mendesing kencang " ssing... " 80% bendix starter anda Dull/dol.
bendix

11. Kadang-kadang dapat starter kadang-kadang tak, baik dalam situasi panas ataupun dingin, pagi atau malam. 75% Carbon Brush starter anda telah pendek.

Sesudah pelajari gejala2 yang timbul, supaya lebih detil tahu penyakit mobil anda, yang perlu dikerjakan yaitu :

1. Kerjakan penelusuran Voltase battery anda, Battery yang bagus umumnya voltasenya tak di bawah 12. 4V, bila di bawah itu barangkali mungkin starter tetapi untuk tidak starter panjang serta berulang lagi.

2. Bila analisis dari tanda-tanda gejala yang timbul di atas jadikan starter untuk tersangka utama maka kerjakan pengetesan starter dengan cara segera. Lewat cara memadukan sumber setrum pada switch starter umumnya baut 12 dengan kabel tembaga yang besar dengan terminal kunci kontak yang terdapat di switch starter juga (disamping kiri yang ada satu kabel terpasang padanya. Cabut kabel itu maka bakal tampak suatu terminal kecil). " SEBELUM MELAKUKAN HAL INI PASTIKAN POSISI GIGI TRANSMISI PADA POSISI NETRAL " Padukan dengan kabel atau obeng logam. Pada keadaan normal maka starter bakal memutar mesin. Bila iya bermakna kunci kontak anda atau relay anda punya masalah. Bila tak cobalah kerjakan pengetesan no 3.

3. Bila langkah di atas belum bisa mempersempit persoalan kerjakan penggabungan terminal satu dengan terminal yang satunya yakni berbentuk dua terminal baut 12 yang ada pada switch starter. Pada keadaan normal semestinya Starter bakal memutar dengan kencang tiada memutar mesin. (lantaran gigi bendix tak didorong oleh switch starter jadi tak memutar flw wheel). bila tak maka persoalan besar kemungkinan ada pada dinamo starter anda, dapat lantaran gulungan yang terbakar atau brush starter yang habis. dapat juga lantaran kabel penyampai strum anda dari aki ke starter tak terhubung dengan cara benar.

Demikian artikel Masalah Starter Mobil, Gejala, dan Tanda-Tanda Ketika Kita Start yang saya berikan untuk pecinta otomotif semuanya, jangan lupa share dan koment di kolom komentar di bawah ini. Dan juga baca juga artikel selanjutnya tentang RPM Naik Turun Pada Mobil Injeksi.

Tinggalkan Komentar: