Manual Sistem Kelistrikan, Mekanikal Mesin 3SZ-VE, dan K3-VE

Manual Sistem Kelistrikan, Mekanikal Mesin 3SZ-VE, dan K3-VEDi mana ke-2 jenis mesin ini digunakan atau dipakai oleh Toyota Rush serta Daihatsu Terios dan Avanza serta Xenia.
Bila di perhatikan dengan cara fisik tampak terang ada perbedaan jenis mesin 3SZ-VE serta K3-VE yaitu dari ukuran cc atau isi silinder mesin serta ke-2 mesin Mobil Injeksi ini mempunyai kesamaan dalam hal sensor-sensor mesin yang di pakai lantaran memakai mesin EFI jenis D.



Jenis mesin 3SZ-VE dapat ditemukan pada toyota Avanza 1500 cc Daihatsu Terios, Toyota Rush serta Grand Max sedang untuk jenis mesin K3-VE dipakai pada Avanza 1300 cc daihatsu Xenia 1300 cc.
Perbedaan Specs Pada Mesin K3-VE serta 3SZ-VE
Mesin------------------------ K3-VE-------------------------3SZ-VE

1. Jenis mesin -4 silinder segaris, 16 Katup DOHC, VVT-i EFI -4 silinder segaris, 16 Katup DOHC, VVT-i EFI
2. Volume silinder (cc) ----1. 298 (1300) ---------------1. 495 (1500)
3. Diameter x langkah (mm x mm) -72 x 79. 7-------------72 x 91. 8
4. Daya maksimum (PS/rpm) ----92/6000 -----------------109/6000
5. Torsi maksimum (kgm/rpm) ----12. 2/4000 --------------14. 4/4000

Dalam manual kelistrikan kontrol mesin K3-VE serta 3SZ-VE diisi perihal troubleshooting kontrol komponen mesin injeksi atau langkah teliti sensor mesin injeksi vvt-i pada mesin itu, salah satunya yaitu :

1. Langkah periksa camshaft sensor,
2. Langkah periksa atau langkah teliti crankshaft sensor atau ckp,
3. Langkah teliti air intake pressure sensor atau pendeteksi kevacuuman intake manipol atau map sensor,
4. Langkah periksa air intake temperatur sensor,
5. Periksa camshaft oil control valve dan langkah buka filter ocv,
6. Kontrol komponen system pengapian Terios Avanza VVT-i,
7. Langkah periksa keadaan serta spesifikasi sensor temperatur mesin atau Engine Control Temperatur,
8. Langkah periksa coil pengapian Terios Avanza vvt-i dan sebagainya.

Sedang untuk Manual Mekanikal Mesin pada Mesin 3SZ-VE serta K3-VE, diisi perihal manual langkah pembongkaran serta pemasangan bagian-bagian komponen mesin dengan VVT-i ini. Semoga bermanfaat informasi artikel kali ini, dan jangan lupa baca artikel selanjutnya tentang Valve Timing atau Waktu Bekerjanya Valve.

Tinggalkan Komentar: