Korek Mesin Satria 2 Tak - Ini publish pengalaman saya dalam hal korek mesin Suzuki Satria 120 R untuk Drag punya sendiri, pasti racikan korek mesin pada motor saya ini bukan hanya yang termaksimal sempat ada terutama saya sendiri bukan hanya mekanik, namun korekan mesin pada Satria 120 R punya saya ini dapat di katakan cukup berhasil serta lumayan berkompetisi lho melawan motor 2tak sekelasnya hasil korekan mekanik yang telah umum memodifikasi performa tenaga mesin motor.
Jadi bila kalian mau mengaplikasikannya sendiri untuk korek mesin yang kebetulan motornya sama yakni Satria 2tak silakan jiplak atau sedikit cocokkan hasil praktik korek pada mesin Satria 2tak ini. Tetapi pada mulanya butuh kalian kenali keadaan motor ini sebelum saat di korek seperti dibawah ini :
- Pengapian tetap standard yakni berpedoman system pengapian DC.
- Magnet tetap standar
- Karburator untuk saat ini memakai Mikuni Kotak 24 mm, tetapi karbu diluar itu dapat juga digunakan seandainya orisinil serta stock ukuran spuyer banyak terdapat pilihan.
- Knalpot dapat memercayakan jenis standard racing, dapat knalpot bahan maupun knalpot merk terkenal.
- Lubang pada Blok Silinder standard.
- Head silinder tetap standard.
Alat-alat yang di pakai untuk korek mesin :
- Mata bor tuner yang panjang seharga 60. 000
- Bor tangan ukuran kecil
- Mistar besi, bila ada baiknya memakai Sigmat.
- Grenda
Beberapa langkah korek mesin :
- Babat sisi atas Lubang buang di silinder serta wujud seperti oval, untuk sisi kiri-kanannya babat 1 mm, tinggi lubang buang sisakan hingga 24 mm dari bibir silinder atas.
- Tinggikan lubang transfer dengan membor-nya dari belakang silinder, landaikan alas lubang transfernya, ketinggian lubang transfer buat jadi 38 mm dari bibir atas silinder.
- Grenda silinder sisi bawah yang mengarah pada lubang transfer lalu pangkas sampai wujud seluruh seperti kancut atau celana dalam
- Untuk lubang basuh cukup haluskan saja.
- Di bagian head silinder papas 2. 5 mm, Diameter cocokkan dengan OS piston yang di gunakan (diameter standard head silinder yaitu 57 mm), buatkan Nat sedalam 0. 5 mm, lalu kemiringan Squish dibuatkan 13 derajat. Untuk kubah atau dome standarkan. Bila dengan spesifikasi ini rasio kompresi di angka10 : 1 an serta BBM yang di gunakan optimal dapat Pertamax Plus atau Pertamax umum tiada mesti memakai Benzol. Pelaksanaan head silinder di olderkan ke tukang bubut, biasanya di banderol harga 25-30 beberapa ribu untuk pelaksanaannya.
- Di bagian Magnet papas 2 mm sisi atasnya, tetapi tak tentang pickup nya yah. Perngerjaan magnet ini ke tukang bubut serta umumnya di banderol harga 20 ribu saja.
- Step tuning silinder, head silinder, serta magnet usai. Di sarankan sebelum saat lakukan over size untuk pelaksanaan ini agar sisi dinding silinder tak baret disebabkan melesetnya bor tuner waktu kerjakan.
- Ubah knalpot dengan jenis Standard Racing, upayakan knalpot yang di gunakan terkredibilitasi design serta ukurannya agar seting karbu serta mesin optimal.
- Setelah itu step seting karburator, dikira seluruhnya telah terpasang serta normal. Yakinkan ukuran Pilot/Main jet dari yang paling kecil waktu seting, naikan selalu Pilot jet waktu motor drop setiap saat perubahan gigi 1, 2, serta 3 waktu motor di geber nge-drag.
- Kecilkan ukuran main jet bila grip gas di gaungkan full waktu motor di seting ditempat menglami brebet di putaran atas.
Usai, semoga berhasil.
Catatan :
Suksesnya hasil korek mesin di kalian bergantung kesabaran serta ketilitian dan keloyalan biaya yang kalian mengeluarkan dalam pelaksanaan ataupun coba-coba serta tidak lupa yakni Diagnosa terhadapa tanda-tanda mesin waktu alami keganjilan.
Sekian artikel untuk pertemuan kita kali ini yang berisi tentang cara atau step Korek Mesin Satria 2 Tak, semoga bermanfaat, dan jangan lupa baca artikel selanjutnya tentang artikel lainya di sini.