Turbocharger, dan Mekanisme cara Kerjanya - Barangkali kita kerap mendengar arti itu untuk kendaraan Diesel walau sesungguhnya Turbocharger bisa di terapkan bukan sekedar di mesin diesel saja, namun mengapa hingga saat ini Turbo Charger banyak dipakai cuma di Mesin diesel saja?? Nah itu yang bakal kita ulas lebih dalam, Apa serta seperti mana dan langkah kerja Trubo Charger.
Turbo Charger sesungguhnya tak jauh tidak sama dengan suatu kompresor biasanya yang disebut alat mekanik yang berperan menambah desakan fluida dapat mampat. Bila dalam pelajaran Mekanikan fluida serta rekayasa mekanika Tehnik Mesin alat ini pada prinsipnya kerja sama juga dengan Pompa untuk mengubah desakan supaya fluida bisa beralih dari desakan tinggi ke desakan rendah, walau demikian perbedaannya pada Fluida yang di pindahkan tidak sama, untuk pompa mengalirkan Fluida berbentuk cairan sedang kompresor untuk memindahkan fluida berbentuk gas.
Pengertian TurboCharger
Turbocharger yaitu suatu kompresor sentrifugal yang memperoleh daya dari turbin yang sumber tenaganya datang dari asap gas buang kendaraan. Umumnya dipakai di mesin pembakaran dalam untuk menambah keluaran tenaga serta efisiensi mesin dengan menambah desakan hawa yang masuk mesin.
Q : Lalu kenapa Turbocharger tak diaplikasikan di Mesin dengan memiliki bahan bakar bensin?
A : Lantaran mesin bensin mempunyai rasio putaran yang tinggi oleh karenanya untuk memakai turbocharger rasio kompresi mesti direndahkan (supaya tak melewat desakan kompresi maksimum serta untuk menghindar knocking mesin) yang turunkan efisiensi mesin saat beroperasi pada tenaga rendah serta itu adalah suatu kerugian di mesin bensin.
Sedang kerugian ini tak ada dalam mesin diesel diturbocharge yang dirancang spesial. Tetapi, untuk operasi pada ketinggian, pendapatan tenaga dari suatu turbocharger bikin perbedaan yang jauh dengan keluaran tenaga keseluruhan dari ke-2 type mesin.
Langkah kerja Turbocharger
Gas buang dari mesin mengalir menuju ke pembuangan (muffler) diarahkan menuju suatu turbin dengan maksud untuk memutar sudu/baling - baling turbin yang di sambungkan dengan shaft/poros kompresor. Kompresor berperan menghisap hawa dari luar serta menambah desakan hawa lalu di alirkan menuju intake manifold hingga hawa dalam area pembakaran jadi bertekanan tinggi hingga kandungan hawa yang masuki dalam area silinder jadi semakin besar serta daya meningkat.
Kerapkali mesin bekerja melebihi kemampuan hingga kemungkinan berlangsung keunggulan kompresi hawa oleh karenanya turbocharger di kompliti dengan pengatur level hawa yang masuk.
Jadi pada dasarnya Turbocharger yaitu suatu instrumen untuk memaksa hawa masuk semakin banyak kedalam area bakar hingga daya yang dihasilkan jadi semakin besar, lebih jelasnya tengok gambar.
Nah itu tadi sekilas mengenai turbocharger jika ada koreksi atau mau menambahkan dipersilahkan tinggalkan komentar. Jangan lupa baca artikel selanjutnya tentang Modifikasi Turbo Kijang LGX Diesel.